Cara Membuat Content Marketing yang Baik dan Benar

Ada banyak strategi yang perlu Anda susun dan implementasikan di dalam dunia digital marketing. Salah satunya yaitu content marketing atau konten yang bertujuan untuk pemasaran. Konten ini biasanya di posting pada beberapa platform mulai dari website hingga social media bisnis.

Menurut ahli digital marketing, konten adalah raja. Konten bisa menarik perhatian audiens agar tertarik pada produk Anda, pada kampanye promosi, hingga branding yang sedang Anda jalankan.

Bagaimana Cara Membuat Content Marketing?

Untuk membuat sebuah konten yang bagus dan berkualitas, Anda harus tahu terlebih dahulu triknya. Ada beberapa cara yang yang perlu Anda ketahui, berikut sudah kami rangkum cara-caranya berikut ini.

1.  Memilih Jenis Konten yang Akan Dibuat

Pertama-tama, Anda harus memilih jenis konten yang akan Anda buat. Ada beberapa tipe atau jenis konten yang bisa Anda buat. Adapun jenis-jenisnya mulai dari tulisan, video, foto, hingga gambar desain grafis yang kreatif.

Silahkan Anda pilih salah satu jenis konten yang ingin Anda buat entah itu tulisan, video atau konten lainnya. Pastikan Anda memilih jenis konten yang sesuai dengan platform yang Anda gunakan.

content marketing

2.  Tentukan Tema

Tema konten bisa dibagi ke dalam dua jenis yaitu soft selling dan hard selling. Masing-masing jenis tersebut memiliki konsep yang berbeda-beda. Contohnya, jika Anda ingin mendapatkan jumlah like, komentar hingga share konten yang diposting, maka pilih konten soft selling seperti konten yang memiliki manfaat seputar tips dan sejenisnya.

Setelah menentukan jenisnya, kemudian siapkan temanya. Carilah tema yang unik atau jenis tema yang saat ini sedang hits dan banyak dicari di internet maupun di platform media sosial.

3.  Buat Konten yang Relevan

Setelah menentukan temanya, maka persiapkanlah konsep konten yang relevan dengan bisnis Anda. Contohnya jika Anda menjual produk sepatu branded, kemudian Anda berencana membuat konten bersifat soft selling, maka kontennya bisa seputar tips membedakan sepatu branded dengan yang palsu. Kemudian di akhir konten bisa diarahkan pada produk Anda.

Konten yang relevan adalah kunci sukses agar konten yang Anda buat bisa menarik perhatian audiens. Selain itu, konten yang relevan juga harus menjadi prioritas Anda karena konten relevan bersifat wajib dan syarat pembuatan sebuah konten.

4.  Pastikan Konten Menarik dan Kreatif

Konten harus memiliki konsep yang menarik dan juga kreatif. Karena fungsi konten ini yaitu agar audiens tertarik dengan konten Anda sehingga bisa menghasilkan engagement seperti like, komentar hingga share. Selain itu, konten juga bisa membantu untuk mengoptimalkan penjualan.

Anda bisa mencari inspirasi konten menarik di internet agar bisa membuat sebuah konten yang menarik. Namun pastikan Anda tidak meniru milik orang lain, ya.

5.  Posting Secara Berkala

Konten sejatinya harus Anda posting secara berkala. Anda bisa membuatnya satu hari sekali, satu hari dua kali, atau dua hari sekali. Yang paling penting Anda melakukannya secara berkala dan konsisten.

Konsisten dalam mengunggah konten adalah kunci sukses konten Anda bisa menjadi optimal dan dilihat oleh banyak orang.

Percayakan Konten Anda Kepada Ideoworks!

Kesulitan membuat konten yang menarik? Atau tidak punya waktu untuk membuat dan memposting konten Anda? Kini Anda bisa memercayakannya kepada Ideoworks.id yang merupakan agensi digital marketing ternama.

Ideoworks siap membantu Anda merencanakan, membangun dan membuat content marketing yang menarik dan berkualitas sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *